Sabtu, 01 Agustus 2020

6 KIAT SUKSES MENULIS BEST SELLER

TUGAS RESUME PERTEMUAN KE-27
Oleh  : Titin Sumartini, S. Pd. I

Hari/Tanggal   : Jum'at/31 Juli 2020
Waktu               : Pukul 19.00 - 21.00 Wib
Narasumber.    : Encon Rahman
Materi.              :  6 Kiat Sukses Menulis Buku Best Seller

Apa kabar sahabat tercinta guru hebat di seluruh Indonesia. Salam Literasi, senang sekali pada malam hari ini saya masih dapat menyapa sahabat semua, tentunya dalam perkuliah rutin kita Belajar Menulis Online bersama Omjay, yang tak terasa sudah memasuki pertemuan yang ke -27.

Moderator malam ini akan dipandu oleh Mr. Bams, dan narasumber kita juga malam ini sosok yang luar biasa pengalamannya dalam menulis dan menerbitkan buku.  Mari kita kenali sosok narasumber kita, beliau adalah Bapak Encon Rahman lahir di Majalengka  5 April 1972, setelah lulus SMP beliau lalu melanjutkan sekolah di SPG atau Sekolah Pendidikan Guru Negeri Majalengka. 

Setelah merantau ke Bandung, lalu beliau melanjutkan kuliah di Universitas Pasundan Bandung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia.  Selanjutnya pada tahun 2002 beliau aktif mondok di Pesantren Daarut Tauhid Bandung, pimpinan KH. Abdullah Gymnastiar, 6 tahun lamanya mengabdi di Misykat Lembaga Dompet Peduli Umat (DPU) di Pesantren Daarut Tauhid. 
Nah pada saat mondok bpk Encon menunjukkan bakat menulisnya denfan meraih juara II Tingkat Nasionsl tahun 2005 pada sayembara menulis karya ilmiah yang berjudul "Distribusi Zakat Produktif sebagai Alternatif Dalam Mengatasi Problem Masyarakat Prasejatera"
Tujuan Menulis Buku :
1. Pengembangan budaya Literasi atau koleksi pribadi
2. Kenaikan pangkat bentuknya buku solo, karya bersama, artikel, PTK, Best Pratice dan diklat
3. Mencari uang (finansial) 

Jenis - Jenis Buku :
1. Karya Bersama
2. PTK, Best Pratice adalah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilaksanakan di sekolah
3. Tulisan Ilmiag populer (artikel)  adalah Tulisan ilmiah yang dipublikasikan di media massa yang menyangkut bidang pendidikan
4. Buku Tesk Pendidikan adalah Buku yang berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu
5. Modul/ Diklat adalah Materi pelsjaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tertentu. 
6. Buku Dalam Bidang Pendidikan adalah Buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang pendidikan buku ini harus bermanfaat untuk guru dan siswa. 
7. Karya Terjemah adalah Tulisan yang dihasilkan dari pengetahuan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing kepada bahasa Indonesia, atau bahasa daerah ke bahasa Indonesia. 
8. Buku Pedoman Buku adalah Buku tulisan guru yang berisu rencana kerja tahunan guru terdiri dari rencana keemrja dan Rencana pengembangan profesi. 

Sekarang kita sudah mengetahui pengertian dari buku best seller itu apa. Selanjutnya kita akan membahas 6 kiat sukses menulis buku best seller yaitu sbb. 

Pengertian Resume, Ringkasan, Rangkuman dan Ikhtisar adalah sbb :

1.Resume adalah Menulis ringkasan dan tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja dalam menulis resume tidak boleh ditambah pendapat sendiri. 

2. Ikhtisar adalah Menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri. 

Langkah -Langkah Menulis Resume :
a.  Membaca buku
b.  Menemukan gagasan pokok
c.  Menuliskan kembali gagasa pokok secara benar
d.  Menulis resume yang singkat dan padat
e.  Mempublikasikan resume


Demikian pemaparan materi dari narasumber kita, sesi selanjutnya diisi dengan sesi tanya jawab dari para peserta yang sangat antusian untuk bertanya seputar 6 kiat sukses menulis best seller ini. 

Sahabat guru yang hebat, sebelum pertemuan malam ini ditutup, bpk Encon memberikan pesan kepada kita semua semoga bermanfaat untuk kita semua. 
Pesan beliau adalah :
"Ala bisa karena biasa, ala biasa karena terpaksa,  namun akhirnya menerbitkan sebuah karya yang luar biasa"

Profile Penulis :
Titinsditannaba. wordpress. com
titinsumartini053.blogspot.com
Email : titinsdit@gmail.com

20 komentar:

  1. Resume yg okey...lgkapnya Bu...warna warni...top dahh

    BalasHapus
  2. "ala bisa karena biasa, ala biasa karena terpaksa, namun akhirnya menerbitkan karya yg luar biasa"....semoga bisa!

    BalasHapus
  3. Keren Bu resumenya, semangat terus menulis

    BalasHapus
  4. Mantap pisan bunda😍😍😍🥰🥰

    BalasHapus