Kamis, 30 Juli 2020

MENJADI GURU INSPIRASI HINGGA PELOSOK NEGERI

TUGAS RESUME PERTEMUAN KE-26
Oleh : Titin Sumartini, S. Pd. I

Hari/Tanggal. : Rabu/ 29 Juli 2020
Waktu.             : pukul 19.00 - 21.00 wib
Narasumber.   : Dra. Lilis Ika Herpianti, SH
Materi.             : Menjadi Guru Inspirasi Hingga Pelosok Negeri


Apa kabar guru hebat seluruh Indonesia,  senang sekali pada malam ini saya masih dapat menyapa teman-teman semua, peserta Belajar Menulis Online ,dan Alhamdulillah malam ini menginjak kepada pertemuan yang ke-26.Sungguh tak terasa sudah banyak ilmu yang kita dapatkan di grup ini. 

Malam ini kita akan dipandu moderator oleh Mr. Bams,  dan tak kalah menariknya narasumber kita seorang wanita perkasa yang sungguh luar biasa pengalamannya dalam menulis dan menerbitkan buku. 

Namun materi malam ini selsin menulis, tetapi kita akan menyimak pengalaman beliau bagaimana mampu menjadi guru inspirasi untuk orang banyak. 
Mari kita mengenal sosok beliau lebih dekat.  Beliau adalah ibu Lilis Ika Herpianti lahir fi Surabaya 11 Maret 1969,jabatannya sekarang adalah sebagai guru madya. Pendidikan S1 IKIP PGRI Surabaya Jurusan Pendidikan IPS lulus tahun 1992,sedangkan S2  beliau lanjutkan di Fakultas Hukum Jurusan Ilmu Hukum lulus tahun 2000.
Beliau sosok terkenak sebagai penggerak pemberatasan buta aksara bagi kaum ibu dan anak-anak NTTvdan segudang aktifitas dodisl dan literasi lainnya disamping tugas utamanya sebagai abdi negara. 

Walsuoun banyak rintangan dan tantangan yang membentang di hadapannya tidaj mampu menyurutkan langkag beliau untuk terus mencerdaskan anak bangsa negeri ini. 
Berbagai prestasi sudah banyak diraihnya.  Mulai dari tingkat daerah hingga tingkat Nasional. Bahkan berakhir salahsatu bukunya menjadi best seller, yaitu buku berjudul "Guru Adalah Inspirasi" yang laku keras di pasaran bahkan merambah hingga ke luar negeri. 

Salahsatu yang menarik dari beliau adalah beliau menyebarkan tulisannya lewat media facebook, selain daribitu beliau juga seorang guru yang kreatif dapat memanfaatkan untuk melukiskan betapa beratnya perjuangan beliau bersama yang ada di Kabupaten NTT. 

Hal yang paling menginspirasi dari beliau adalah dengan tulisan beliau mamou meraih beberapa kemenangan pada kompetensi terkait kepenulisan dan mengalahkan pesaing lain yang punya karya yang luar biasa. Salahsatunya adalah Indonesia Digital Learning (IDL)  yang diselenggarakan oleh PT. Telkom Bersama dengan PGRI. 


Melalui kisah beliau dari berbagai tulisannya di facebook, kita dapat mengambil pelajaran dari beliau diantaranya sbb :
1. Sebagau guru sudah sepatutnya menjadi guru yang gigih, inspiratif dan tetap bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-hari
2. Kita harus berperan aktif dalam meningkatkan mutu pribadi dan komunikasi dengan memanfaatkan media online. 
3. Jadikan hambatan dan rintangan sebagau pemacu semangat untuk terus berkarya, sesuau dengan perkembangan dunia informasi dan tekhnologi yang ada.
Ibu Lilis juga sudah menerbitkan beberapa buku, tidak banyak menurut beliau namun saya syukuri salahsatu dari bukunya bisa diterima di berbagai daerah dan mancanegara. 

Ibu lilis banyak beraktifitas sebagai penggiat  literasi dan sebagai narasumber untuk mrnginspirasi guru-guru hingga pelosok negeri. Semua kisag guru beliay di tulis dalam buku best seller tadi,  dalam bentuk serial. Dari hasil buku tersebut mampu mengangkat jenjang karir beliau sebagai PNS. 


Percaya tidak percaya sesorang instruktur dan narasumber atau sebutan lsinnya bagi guru para guru itu mesti "Diklat" tapi bagi beliau ketika menjadi narasumber Literasu Daerah Perbatasan, beliau diminta mengajar giru karena saya seorang penulis buku.  Beliau juga menyampaikan pesan untuk kita bahwa apaoun yang Alloh berikan kepada kita syukurilah dan nikmati, kita goresan pena suatu saar pena itu akan membekas pada sanubari dan menjadi  sejarah indag generasu kita. 
Itulah sahabat hebat seluruh Indonesia, pemaparan materi dari ibu. Lilis, sesi selanjutnya diisi oleh sesi tanyajawan dari para peserta yang sudah antusias untuk bertanya. 

Kesimpulan yang dapat saya petik dari peetemuan malam ini adalah sbb :
1. Prestasi menjulang membutuhkan perjuangan
2.Syukuri dan nikmati apapun yang Alloh berikan untuk kita
3.Menulislah dimanapun, karena menulis itu mudah, semudah kita membuat ceplok telur. 

Profile Penulis:
Titinsditannaba. wordpress.com
titinsumartini053.blogspot.com
Email  :  titinsdit@gmail.com

24 komentar:

  1. MasyaaAlloh ...pengen juga seperti bunda...sangat menginspirasi 🥰🥰🥰🙏🙏

    BalasHapus
  2. Lur biasa. Mari kita tetap semangat menulis

    BalasHapus
  3. kereeen bu... salam literasi

    BalasHapus
  4. Mbak TITIN resumenya OK...bg emak emak lolita latar blog gelap perlu ekstra fokus mata

    BalasHapus
  5. Tulisan yang indah dan rapi... Kereeenn

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah, dapat bocoran dari mana Bu?... saya juara 2 Naasional dalam lomba My Teacher My Hero Award Indonesia Digital Learning Tahun 2015. he he he . . . Padahal waktu materi tidak disampaikan?...
    Silahkan di share di facebook saya bu, untuk mendapatkan sovenir kas NTT. Jika masuk kategori baik.
    Terima kasih,

    Salam inspirasi,
    Ibu guru cantik
    Guru inspirasi NTT
    Bunda Lilis Sutikno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimskasih bunda sudah berjenan mampir di blog saya, saya mencari tahu informasi ttg sosok bunda yg hebat ini

      Hapus