Selasa, 21 Juli 2020

MAN JADDA WAJADA DALAM MENULIS

RESUME PERTEMUAN KE-22
Oleh : Titin Sumartini, S. Pd. I

Hari/Tanggal  : Senin/20 Juli 2020
Waktu.             : pukul 19.00 -21.00 Wib
Narasumber    : Akbar Zainudin
Materi.             : Man Jadda Wajada Dalam Menulis

Apa kabar guru hebat di seluruh Indonesia,  salam literasi untuk kita semua. Senang sekali pada malam ini kita masih dapat berjumpa, dalam kegiatan ritin kita yaitu Belajar Menulis Online yang sudah menginjak kepada pertemuan yang ke-22.
Alhamdulillah telah hadir narasumber kita yang sungguh luar biasa pengalaman beliau dalam menulis dan menerbitkan buku, salahsatu buku best seller beliau adalah buku yang berjudul "Man Jadda Wajada".Moderator malam ini akan dipandu oleh ibu Sri Sugiastuti atau ibu Kanjeng. 

Baik, marilah kita mencoba mengenal sosok narasumber kita. Bapak Akbad bekeeja sehari hari sebagai seorang pengajar, terkadang beliau mengajar di sekolah, pesantren, perguruan tinggi, instansi pemerintag dan juga swasta.  Materi yang beliau kusakai banyak sekali antara lain berkisar pada motivasi, motivasi belajar,  motivasi menulis,  motivasi bekerja ,motivssi mengajar, motivasi berwirsusaha dan motivasi hidup. Masyaa Alloh sungguh hebat bukan? 

Pada kesempatan malam ini bapak Akbar akan menyampaikan materi mengenai 6 Langkah-Langkah Dalam Menulis, sesuai buku beliau "Man Jadda Wajada" ysng berarti siapa yang bersungguh-sunggih pasti akaan berhasil. 

Sebelum pemaparan materi malam ini para peserta diminta untuk menyimak video youtube beliau di https//youtu.be/7Eq414-vu,  sungguh luar biasa isi video tersebut.
Menurut beliau dalam menulis diperlukan 6 Langkah yang harus kita jalankan diantaranya adalah :
1.Tema
Tentukan tema tulisan setiao buku harus mempunyai tema besar, baij buku fiksi maupun non fiksi. Tema menjadu mengikat kita dari awal hingga akhir. Tema diusahakan hanya satu saja. Karena ini terkait dengan branding, berusahalah fokus menulis satu tema tertentu saja. 

2.Outline
Buatlah outline atau daftar isi, ini gunanya outline adalah :
a.  Agar tulisan kita terarah
b.  Bisa buat jadwal target
c.  Menghindari "ngeblak" pada saat menulis
d.  Agar buku selesai

Kalau tidak ada daftarbisi akan sulit selesai. Inilah salahsatu hal penting yang sering diabaikan orang. Caranya dengan memfokuskan ide dengan membuat outline. 
-HOW     : Bagaimana cara menulis
- WHAT  : Gunanya apa menulis
- WHY.    : Ini tentang mengapa menulis, alasan, tujuannya menulis dan manfast nya untuk apa. 
3.Jadwal
Kalau daftar isi sudah dibuat misalnya artikel 30 judul artikel atau plot cerita, mulailah membuat jadwal rill. Dengan ini kita membuat jadwal, maka akan memudahkan untuk mengontrol dan mengevaluasi dari hasil tulisan kita. 
Berikut cara membuat jadwal :
a.  Buatlah tabel dengan 4 kolom
b.  Isi nomer
c.  Perkiraan berapa lama artikel akan ditulis
d.  Buat sesuai dengan tanggal saat ini
e.  Isi keterangan dengan apakah sudah selesau ditulis atau belum
Jadwal menulis menentukan kalau ada jadwal kita bisa mengacu pada jadwal tersebut dan bisa mendisiplinkan diri sendiri. 
4.Tulislah
Outline sudah ada jadwal sudah ada, berikutnya adalah tulislah sesuai outline dan jadwalnya. Fisini disiplin diru dan komitmen yang akan menentukan apakah tulisan kita akan selesai atau tidak. Tulis dan selesai semua judul artikel terlebih dahulu, jangan terpaku untuk satu tulisan sampai sempurna. 
5.Revisi
Revisilah tulisan kalau semua tulisan sudah selesai. Jangan terpaku  satu judul sampai Sempurna. Kalau kurang-sedikit tidak apa-apa. Tahap pertama adalah mrnyelesaikan semua draff buku. 
Tahap kedua baru revisi apa saja yang direvisi :
1. Data dan Informasi yang kurang
2. Tata Bahasa
3. Gaya Tulisan disamakan dari awal hingga akhir
d.  Judul-judul artikel, buatlah yang menarik
6. Kirim ke Penerbit
Apa yang menjadi pertimbangan dari penerbit sebelum menjadi buku:
1. Laku atau tidaknya buku tersebut
2. Ada perbedaan khusus buku kita dengan buku oranglain
3. Apa yang akan dilakukan kita dalam membantu memasarkan buku dari penerbit
Bagaimana cara mengirim naskah :
a. Naskah harus sudah jadi
b. Diprint dikirim dengan hardcopi dan sofcopi dalam bentuk CD atau flasdiks, berapa lama biasanya kabar diterima sekitar 3 bulan, kita akan mendapat kabar dari penerbit diterima tidaknya naskah kita. 
Itulah pemaparan materi yang disampaikan oleh bapak Akbar narasumber kita, sesi selanjutnya adalah sesi tanya jawab dari para peserta yang sudah antusias untuk bertanya. 
Salahsatu pertanyaan disampaikan oleh bapak. Sunaryo,  pertanyaannya adalah Bagaimana kiat-kiat atau motivasi yang bisa menumbuhkan semangat kita untuk tetap menulis? 
Jawaban dari narasumber adalah :
Agar terus mempunyai motivasi yang kuat dalam menulis ikuti tips berikut ini :
a. Bergabung dengan teman-teman penulis
b. Ikut Seminar dan Pelatihan menulis
c. Baca buku- buku tentang menulis
d. Upload hasil tulisan di Medsos dan Blog
e.  Kalau ada Lomba ikut
f.   Buat jadwal Menulis Setiap hari
g.  Punya mentor menulis

Baiklah teman-teman guru yang hebat di seluruh Indonesia, dari pemaparan materi dan sesi tanya jawab dapatlah saya simpulkan sbb :
Menulislah dengan mencoba mengikuti 6 Langkah dalam menulis, ingatlah selalu rumus TOJTRP,  buatlah jadwal menulis secara kontinue hasilkan karya yang berkualitas agar dapat diterima naskah kita oleh penerbit"

Profile Penulis :
Titinsditannaba.wordpress.com
titinsumartini053.blogspot.com
Email : titinsdit@gmail.com




14 komentar: